Tujuh Keuntungan Membeli Rumah Dengan Sistem KPR

Saat beranjak dewasa, mau tak mau, Anda akan hidup mandiri. Terlepas dari kontrol dan naungan orangtua. Ketika masa itu datang, Anda harus mulai mencari tempat untuk tinggal

Biasanya di awal masa kemandirian, orang akan tinggal di rumah sewa atau kamar kos. Tapi, lama kelamaan Anda pasti ingin memiliki tempat tinggal sendri. Namun, harga rumah, terutama di kota besar sudah semakin tinggi.

Rasanya mustahil untuk bisa membeli rumah jika hanya mengandalkan penghasilan bulanan orang pada umumnya. Untuk itu, banyak orang terdorong untuk menggunakan kredit kepemilikan rumah (KPR) saat membeli rumah.

Banyak pendapat pro dan kontra mengenai pembelian rumah dengan cara ini. Untuk sebagian orang, membeli rumah dengan KPR dianggap seperti memaksakan diri untuk membeli barang yang di luar kemampuan finansial Anda.

Namun apa betul begitu? Sebenarnya menggunakan KPR malah akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda.

 

1. Biaya Awal Tidak Besar

Harga rumah di Jakarta saat ini berkisar mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah. Tentu tidak semua orang memiliki uang siap pakai sebanyak ini. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli rumah secara tunai, biaya awal yang diperlukan sangatlah besar. Bandingkan jika Anda menggunakan KPR.

Dengan KPR, Anda tidak memerlukan biaya awal yang sangat memberatkan Anda. Cukup dengan memenuhi seluruh persyaratan KPR dan membayar uang muka sesuai kemampuan Anda, rumah tersebut sudah menjadi milik Anda.

2. Rumah Siap Dipakai

Setelah seluruh persyaratan dan uang muka untuk memulai KPR selesai diproses, rumah yang Anda beli langsung bisa dipakai. Jadi Anda sudah bisa menghuni rumah itu, meski cicilan belum lunas.

Berbeda dengan membeli rumah tanpa KPR, Anda baru bisa menempati rumah yang Anda beli ketika pembayarannya sudah lunas atau ada perjanjian tertentu dengan penjual.

3. Legalitas Rumah Terjamin

Bank hanya akan memberikan fasilitas KPR kepada Anda jika pembeliannya disertai sertifikat yang sah. Dengan hal ini, Anda tidak perlu lagi takut terkena gusur oleh pemerintah atau ditipu oleh penjualnya. Legalitas rumah Anda sangat terjamin jika Anda sudah mendapatkan fasilitas KPR dari bank.聽

4. Pengembang Properti Terpercaya

Biasanya bank akan memberikan KPR kepada Anda, jika Anda membeli rumah dari pengembang yang bekerjasama dengan bank tersebut. Pengembang yang bekerjasama dengan bank pasti sudah terpercaya. Karena, bank tidak akan mau mengambil risiko merugi jika bekerjasama dengan yang tidak terpercaya.

Tugas Anda untuk memastikan reputasi pengembang sudah diambil alih oleh bank, jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi.

5. Terlindungi Dari Musibah

Saat Anda melakukan pembelian menggunakan KPR, maka bank akan secara langsung memberikan asuransi properti untuk rumah Anda. Memang ada biaya yang harus Anda bayarkan di awal.

Namun dengan memiliki asuransi ini setidaknya Anda dapat selalu merasa aman terhadap kemungkinan-kemungkinan musibah yang bisa terjadi kapan saja. Cukup sekali membayar untuk berbagai manfaat yang menguntungkan Anda.

6. Investasi Jangka Panjang

Bentuk investasi yang sangat menjanjikan saat ini adalah investasi properti. Memiliki rumah merupakan bentuk investasi yang sangat menjanjikan jika Anda membeli rumah di lokasi yang strategis. Menggunakan KPR untuk membeli rumah sama saja dengan menabung investasi jangka panjang yang pasti menguntungkan.

Misalkan Anda membayar cicilan KPR untuk jangka waktu 20 tahun. Harga rumah yang Anda beli saat ini pasti akan melonjak tinggi pada dua dekade setelah proses pembayaran cicilan KPR selesai. Menguntungkan?

7. Berdayakan Rumah Anda

Rumah yang sedang Anda cicil ini bisa menjadi sumber penghasilan untuk membayarkan cicilannya sendiri. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukannya dengan menyewakan kamar di rumah Anda atau jika Anda memiliki tempat tinggal lain, Anda bisa menyewakan rumah tersebut.

Dengan begitu, uang yang didapat dari penyewaan itu bisa dipakai untuk membayar cicilan KPR. Jadi bisa dibilang, Anda mendapatkan rumah itu secara gratis.


Sikap Disiplin Anda Akan Sangat Bermanfaat

Dalam melakukan kredit, termasuk KPR, Anda harus selalu ingat untuk membayar cicilannya sebelum jatuh tempo. Hal ini perlu Anda lakukan agar pengeluaran Anda tidak semakin besar, dan catatan kredit Anda tetap baik di mata bank. Sehingga, bisa memudahkan Anda di masa depan.

Bersikap disiplin dalam mencatat jadwal jatuh tempo dan besar cicilan yang harus dibayarkan, harus Anda miliki saat melakukan KPR. Memiliki sikap yang disiplin akan membuat hidup Anda lebih teratur dan tertata rapi. Ingat, sikap disiplin sangat bermanfaat untuk hidup Anda.

(mus)

 

Sumber : http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/642502-tujuh-keuntungan-membeli-rumah-dengan-sistem-kpr